KADIN Dukung Tingkatkan Investasi dan Perdagangan Indonesia-Malaysia
Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia mendukung peningkatan investasi dan Perdagangan khususnya sektor usaha kecil dan menengah (UKM) Antara Malaysia dan Indonesia. Dikatakan Susanto Lim, Ketua Kadin Indonesia Komite Malaysia, bahwa kerjasama perdag

13/03/2018



Kuala Lumpur - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia mendukung peningkatan investasi dan Perdagangan khususnya sektor usaha kecil dan menengah (UKM) Antara Malaysia dan Indonesia. Dikatakan Susanto Lim, Ketua Kadin Indonesia Komite Malaysia, bahwa kerjasama perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Malaysia sangat luas ruang lingkupnya.

“Sangat luas ruang lingkupnya dan masih banyak potensi yang perlu dieksplorasi lebih jauh untuk meningkatkan nilai manfaat bagi kedua belah pihak,” kata Susanto dalam kunjungan delegasi KADIN ke Kedutaan Besar Malaysia di Kuala Lumpur, Senin (12/03/2018)

Sementara pimpinan delegasi yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Benny Pasaribu mengatakan, dalam kerjasama tersebut perlu ada inisiasi dalam mengoptimalkan dan mengakselerasi misi dagang serta pertemuan kelompok bisnis di kedua negara khususnya dalam lingkup UKM.

“Karena itu, nantinya KADIN akan membantu memfasilitasi pertemuan bilateral baik antar para pengusaha maupun dengan pemerintah di kedua negara, KADIN akan menmbantu dengan topik strategis dalam rangka kebijakan pengamanan perdagangan luar negeri ungkap ini,” ungkap Benny.

Benny berharap peran serta Kadin Indonesia tersebut mampu meningkatkan hubungan persahabatan dan kerjasama perdagangan serta investasi di antara kedua negara.

Salah satu program Kadin Indonesia komite Malaysia adalah mengupayakan terciptanya kemitraan ekonomi dan bisnis antar negara dengan tujuan utama Memanfaatkan peluang terbuka hubungan kerjasama tersebut pada tingkat regional maupun internasional

Adapun Malaysia merupakan salah satu negara potensial bagi investasi di Indonesia meskipun Mengalami penurunan pada 2016, Malaysia tetap masuk dalam daftar 10 besar negara dengan investasi terbesar di Indonesia.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat bahwa investasi asing yang berasal dari Malaysia mencapai US$1,1 miliar atau setara Rp14,84 triliun. Angka ini turun 63,74% dari tahun sebelumnya mencapai US$3,7 miliar.